Bahan Presentasi : Materi 1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam adalah usaha untuk memperkuat iman dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan ajaran Islam, bersikap inklusif, rasional dan filosofis dalam rangka menghormati orang lain dalam hubungan kerukunan dan kerjasama antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan Nasional (Undang-undang No. 2 Tahun 1989).
B. Landasan, Tujuan, Kompetensi dan Kedudukan
1. Landasan
Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan dilandasi dengan ketentuan hukum sebagai berikut:
- Landasan filosofis, berupa butir-butir yang terdapat dalam Pancasila dan kandungan yang termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.
- Landasan yurudis, yaitu Undang-undang Dasar 1945 terutama pasal 29 dan ketetapan yang dihasilkan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.
- Landasan historis, berupa politik pendidikan nasional yang bertujuan menciptakan insan akademis yang beriman dan bertakwa terhadapTuhan Yang Maha Esa.
- Landasan agama, berupa ayat-ayat Al Quran dan Al Sunnah.
2. Tujuan
Membentuk mahasiswa yang berakhlak mulia dengan cara memahami ajaran-ajaran Islam, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kompetensi yang diharapkan
Menjadi ilmuwan dan profesional yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulai, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tingggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan.
4. Kedudukan
- Sebagai komponen MKPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian)
- Wajib diambil oleh setiap mahasiswa program sarjana
- Ilmiah, untuk memahami realitas kehidupan
- Teologis, untuk memahami hahekat Tuhan
- Aktisisme untuk menyampaikan pengalaman keagamaan dan memahami hakekat Tuhan dalam diri dan kehidupan.
- Filosofis, untuk memahami hakikat kahidupan.
D. Pendekatan / metode
Keempatnya diberikan secara holistik.
E. Kondisi Keberagamaan Indonesia
- Hasrat manusia terhadap Tuhan bersifat kodrati.
- Agama meningkatkan derajat manusia dibanding makhluk lain.
- Keunggulan manusia adalah memiliki akal, etika dan mengembangkan naluri. Dengan akal, etika dan naluri membuat manusia beradab dan beragama.
- Manusia mengenal agama wahyu
- Bangsa Indonesia mengakui lima agama: Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Juga ada yang menganut kepercayaan: dinamisme dan animisme.
- Terjadi kesenjangan antar idealisme Islam dengan perilaku umat, akibat pendidikan agama berorientasi kepada ilmu, bukan kepada amaliahnya.
- Pluralitas agama di Indonesia
- Keberagaman beragama bukan hanya pada agama yang dianut masyarakat, tetapi juga pada paham keagamaan dalam tubuh umat beragama.
- Keunikan pluralistik di Indonesia dalam semua agama berkembang pesat bersama-sama, bahkan terjadi akulturasi dalam kehidupan beragama
- Studi agama menjadi penting karena keunikan tersebut
Studi paling tepat bersifat komprehensif, multi disipliner, dan Interdisipliner dengan metode historis doktriner normative.
C. Ruang Lingkup
1. Pendahuluan, terdiri atas:
Pengertian, landasan,tujuan, kompetensi, kedudukan, ruang lingkup, dan metode perkuliahan dan kondisi keberagamaan di Indonesia
2. Konsep Tuhan, alam, dan manusia, teridiri atas :
Konsep Tuhan, alam, hakekat dan peran manusia menurut Islam.
3. Agama dan agama Islam, terdiri atas:
Pengertian agama, ruang lingkup, tujuan. Fungsi dan macam, pengertian dan pokok-pokok ajaran agama Islam, sumber ajaran Islam, kedudukan dan peran agama dan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
4. Sumber ajaran Islam, terdiri atas : Al Quran, Hadis/Sunnah, Ijtihad
5. Hakekat manusia menurut Islam, terdiri atas : konsep manusia,
eksistensi dan martabat manusia, tugas dan fungsi manusia
6. Hukum dan syariah, terdiri atas : pengertian hukum dan hukum Islam, fungsi danm tujuan, prinsip syariah, karakteristik, ruang lingkup
7. Pernikahan dan pembentukkan keluarga sakinah, terdiri atas:
Pengertian, mencari jodoh, meminang, tujuan dan fungsi, hukum dan dasar pernikahan, rukun dan syarat, al muharramat, thalaq, kasus-kasus pernikahan (kawin campuran, kawin hamil), dan pokok-pokok pembinaan rumah tangga.
8. Akhlak, terdiri atas:
Pengertian, etika, moral, susila, pembagian akhlak, ruang lingkup, kedudukan, pembinaan akhlak dalam kehidupan sehari-hari
9. Akhlak dalam berbisnis, terdiri atas : pengertian dan prinsip dasar
ekonomi Islam, akhlak dalam produksi, sirkulasi, konsumsi dan
distribusi, jual beli, gadai, asueransi, bank, koperasi dan undian
menurut Islam
10. Hukum, HAM dan demokrasi dalam Islam, terdiri atas:
Pengertian hukum, hukum Islam dan tujuan hukum Islam, prinsip-prinsip hukum Islam, Hak Azasi Manusia (HAM), demokrasi dan musyawarah
11. Islam, iptek dan seni, terdiri atas:
Pengertian, ciri, sumber dan metodologi ilmu, Islam dan ilmu pengetahuan, ilmu dalam narasi nash Al Quran dan Hadis, perkembangan iptek di dunia Islam, Islam dan iptek kontemporer.
12. Kerukunan umat beragama, terdiri atas: pengertian, tujuan, latar
belakang dan pola pembinaan, tipologi keagamaan masyarakat,
ketentuan-ketentuan dan pelaksanaan KUB, pokok-pokok ajaran
Islam tentang KUB
13. Sistem politik Islam, terdiri dari : pengertian, prinsip dasar,
kepemimpinan dalam Islam, kontribusi umat Islam dalam
perpolitikan nasional, masyarakat madani
14. Taqwa, terdiri atas: pengertian dan kedudukan, ciri-ciri orang bertaqwa, ruang lingkup
SOAL-SOAL LATIHAN
BAB I
- Jelaskan pengertian pendidikan Agama Islam menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 ?
- Tuliskan tujuan Pendidikan agama Islam !
- Jelaskan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti Pendidikan Agama Islam !
- Jelaskan cara pendekatan atau metode Pendidikan Agama Islam !
- Jelaskan kondisi pluralisme agama di Indonesia !
Tanda TanganDosen | Tanda TanganMahasiswa |
LEMBAR JAWABAN
SOAL-SOAL LATIHAN
BAB I
1.
2.
3.
4,
5.
Nilai dan Tanda Tangan Dosen Nilai :Tanda Tangan : | Nama, NIM dan Tanda Tangan Mahasiswa Nama :NiM :Tanda Tangan : |
UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Lembar Tugas
Ringkasan Pemahaman Materi
Bab………… Topik ……………………………………………..
Nama :…………………………………………………………….
NIM : ……………………………………………………………
Seksi : …………
Tulislah pemahaman Anda tentang materi tersebut diatas.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Paraf Dosen Paraf Mahasiswa
…………………. ………………………………
Catatatn :
1. Lembar Tugas ini, setelah diisi, agar diserahkan kepada Dosen sebelum selesai perkuliahan.
2. Mengisi dan menyerahkan Lembar Tugas ini merupakan komponen TUGAS, bobot nilai 20 %.