MATERI 1 MS WORD 2007

Mengenal Microsoft Office Word 2007

Pada materi 1 ini akan diuraikan tentang perkenalan terhadap Microsoft Office Word 2007 seperti membuka dan menutup jendela Word 2007, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen baru, mengenal jendela Word 2007 dan mengenal dasar pengetikan yang merupakan langkah awal yang benar-benar harus dikuasai dalam mempelajari Microsoft Office Word 2007.

1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007

Untuk menjalankan Program Aplikasi Microsoft Office Word 2007 melalui menu program, dengan langkah sebagai berikut :

  • Klik tombol Start yang ada di taskbar
  • Pilih menu All Program

Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office lalu klik program aplikasi Microsoft Office Word 2007, tunggu sampai program aplikasi yang anda pilih ditampilkan.

2. Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007

 Agar dapat menggunakan program – program aplikasi Microsoft Office Word 2007 secara optimal, sebaiknya mengenal terlebih dahulu beberapa elemen dasar dari program Microsoft Office Word 2007, seperti telihat pada gambar di bawah ini :

  • Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Office Word versi sebelumnya ( Word 2000, Word XP dan Word 2003 ), berisi menu New, Open, Save, Print, dan sebagainya.
  • Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat, namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah ( drop down ) diujung kanan toolbar access tersebut lalu tandai yang belum ditampilkan atau klik more commands.
  • Title Bar, berisi nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif, baris judul ini dapat juga digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi jendela ke posisi lain yang diinginkan.
  • Minimize, Restore Down, Close, biasa juga disebut tombol ukuran (Sizing Button ) yang fungsinya untuk memperkecil, memperbesar atau menutup tampilan jendela program aplikasi tersebut.
  • Ribbon, berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
  • Scroll Bar  atau baris penggulung, untuk menggeser layer ke kiri dan ke kanan ( Scroll Bar Horizontal ) atau ke atas dan ke bawah ( Scroll Bar Vertical ).
  • Ruler, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin ( batas ) dari lembar kerja garis tabulasi dan laini – lain.
  • Status Bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
  • Tombol View, tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
  • Zoom, digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela aplikasi program.

3. Membuat Dokumen Baru

Jika baru memulai mengoperasikan Microsoft Office Word 2007, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk di tulis. Namun jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru, yaitu dengan cara :

  •    Klik tombol Microsoft Office , lalu
  •    Klik New, maka keluar kotak dialog seperti pada gambar berikut :

kotak dialog new documen di dalam menu template terdapat beberapa pilihan seperti :

  • Blank document, untuk dokumen yang kosong.
  • Installed template untuk membuat dokumen dari bebrapa template yang disertakan dalam paket Microsoft Office Word 2007.
  • My Template, untuk dokumen dari template buatan.
  • New From existing, untuk membuat dokumen dari beberapa template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
  • jika komputer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Word 2007.
  • Jika sudah lalu dipilih dengan Klik Create.

4. Mengenal Dasar Pengetikan

Ada dua istilah dalam pengetikan yaitu Insertion point dan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.

5. Menyimpan Dokumen

Dalam menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen pada aplikasi program Microsoft Office Word 2007,  yaitu dengan cara :

  • Klik tombol Microsoft Office
  • Klik Save atau
  • Tekan Ctrl + S, untuk perintah di keyboard atau
  • Klik gambar Disket

Seperti telihat pada gambar berikut :

Setelah itu maka akan muncul tampilan sebagai beriukut :

  • Pada pilihan Save in tentukan folder atau driver yang akan dijadikan tempat penyimpanan
  • Pada kotak file name ketik nama file dokumen sesuai yang diinginkan, lalu klik Save

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *