TULISAN 1 & 2

Tulisan 1:

Menemukan Gagasan Bisnis

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis tetapi Anda tidak yakin jenis bisnis apa yang ingin Anda mulai? Sebagian orang mungkin tahu tentang bisnis apa yang ingin mereka memulai, katakanlah, bisnis makanan, sedangkan yang lainnya sepertinya ‘gatal’ untuk menjadi pengusaha tanpa memiliki hasrat untuk memulai suatu jenis bisnis tertentu. Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah  untuk memunculkan ide bisnis dan mencairkan kebuntuan dalam menemukan ide bisnis:

Tanyakan pada diri Anda: Kegiatan apa yang saya senangi? Apa yang dapat saya lakukan dengan baik? Keterampilan apa yang saya miliki? Jangan hanya fokus pada pekerjaan Anda saat ini, pekerjaan Anda masa lalu atau pengalaman yang sudah Anda miliki. Bayangkan hidup Anda kembali ke masa-masa awal dimana Anda belum mempunyai pekerjaan atau pengalaman seperti sekarang. Hobi apa yang Anda nikmati? Apa yang Anda ingin lakukan ketika masih kanak-kanak? Apa komentar teman-teman dan keluarga tentang kemampuan utama Anda? Komentar tersebut tidak harus menyebutkan tentang suatu keterampilan bisnis tertentu. Komentar tersebut bisa jadi sesuatu yang sederhana seperti “menjadi pendengar yang baik” atau “membantu memecahkan masalah.”

Sekarang tanya hal sebaliknya, hal apa yang saya benci untuk lakukan dan hal apa yang saya lakukan dengan buruk. Pertimbangkan seluruh masa lalu dan pengalaman Anda dan jangan fokus hanya pada keterampilan bisnis. Mungkin Anda benci olahraga, tidak suka fisika atau mungkin tidak suka bersosialisasi.

Selanjutnya, pikirkan mengapa Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri. Apakah Anda ingin memegang kendali atas nasib sendiri, tanpa ada yang memberi perintah apa yang harus Anda lakukan? Apakah Anda punya ide bagus untuk pekerjaan Anda saat ini, tapi bos Anda tidak mau mendengarkan dan hal tersebut menyebabkan Anda frustasi (stress)? Apakah Anda merasa seperti Anda bisa melakukan apa yang Anda lakukan sekarang, dengan lebih baik dan pantas mendapatkan bayaran yang lebih baik? Apakah Anda hanya ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan mendirikan bisnis non profit?

Kemudian, pikirkan kehidupan yang ideal bagi diri Anda. Berapa jam dalam sehari  Anda ingin bekerja? Di mana Anda akan tinggal? Bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda? Apa tujuan yang akan Anda capai? Milikilah impian yang besar, jika Anda ingin mendirikan bisnis yang memungkinkan Anda bekerja hanya empat jam sehari, bisa tinggal di luar negeri atau tinggal ditempat terpencil yang eksotis atau mungkin jika Anda ingin menjadi milyarder.

Sekarang, pikirkan apa yang hilang dalam hidup Anda. Apakah ada produk atau jasa yang akan mengisi kebutuhan yang belum terpenuhi? Tanyakan juga kepada teman-teman Anda, keluarga dan rekan kerja. Apakah ada sesuatu di tempat kerja, di rumah atau di waktu luang mereka yang membuat mereka frustasi? Apa yang akan mengatasi permasalahan tersebut? Biarkan imajinasi Anda berekspresi, jangan dibatasi walaupun itu adalah hal yang sepertinya mustahil. Jasa pengiriman laundry, taksi motor dan tempat penitipan hewan peliharaan adalah beberapa ide bisnis yang tumbuh dari kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Tuliskan semua jawaban dan ide-ide yang datang kepada Anda ketika Anda merenungkan pertanyaan-pertanyaan diatas. Bacatulisan tersebut berulang-ulang, Anda mungkin akan mendapatkan beberapa inspirasi ide bisnis. Sebagai contoh, mungkin ide bisnis bagi Anda yang suka bekerja dengan anak-anak, terampil membuat kerajianan tangan dan menyukai kegiatan yang bervariasi, Anda bisa memulai bisnis yang mengunjungi sekolah yang berbeda-beda dan mengajarkan anak-anak membuat kerajinan tangan, atau membuat EO (event organizer) untuk pesta ulang tahun anak dimana Anda bisa membawa karya kerajinan tangan Anda dan membiarkan anak-anak berkreasi dengan hasil karya Anda. Lakukan cara diatas secara terus menerus sampai Anda menemukan ide sukses bisnis yang sesuai dengan karakter dan passion Anda

Tulisan 2:

20 Pertanyaan Untuk Mencari Gagasan  Bisnis

20 Pertanyaan berikut mungkin bisa membantu memberikan ide untuk Anda mengenai bisnis yang cocok untuk Anda.

  1. What hobbies do you have ?  |  Apa hobi kamu ?
  2. What do you love doing ?  |  Apa yang kamu suka lakukan ?
  3. When were the last five occasions you had fun ?  |   Kapan kali terakhir kamu merasa fun melakukan sesuatu ? sebutkan 5 !
  4. What are your three biggest talents ? |  Sebutkan tiga bakat terbesarmu.
  5. What have you seen abroard that you wish you had at home ?  |  Apa yang kamu lihat di luar negeri yang kamu harapkan ada di rumahmu ?
  6. Is there something you love that you can’t find ?  |  Adakah sesuatu yang kamu suka yang tak bisa kamu temukan atau beli ?
  7. What irritates you as consumer ?  |  Apa yang mengganggumu sebagai konsumen ?
  8. What service or product would you buy today if it existed ?  |  Servis atau produk apa yang akan kamu beli jika memang tersedia ?
  9. What complaints do your friends have as customers and consumer ?  |  Keluhan seperti apa yang muncul dari teman kamu sebagai pelanggan dan konsumen ?
  10. What is your favorite shop and how could it be better ?  |  Apa toko favorit kamu dan apa saran-saran kamu untuk memperbaikinya ?
  11. What could save your time and money if only you could find it ?  |  Apa yang bisa menghemat waktu dan uangmu jika saja kamu bisa menemukannya ?
  12. Who do you think provides great service and how could it be transferred to a new product or service ?  |  Siapa yang menurutmu menyediakan produk / servis yang hebat dan bagaimana hal itu ditransfer menjadi produk baru ?
  13. What would help people to have more fun in their lives ?  | Apa yang akan membantu orang untuk membuat hidupnya lebih fun ?
  14. What could you produce faster, better, cheaper ?  |  Apa yang bisa kamu hasilkan dengan lebih cepat, lebih baik dan lebih murah ?
  15. What would help your colleagues to get out of office on time ?  |  Apa yang bisa kamu bantu supaya teman sekantormu pulang dari kantor lebih awal ?
  16. How could you make someone feel safer and happier ?  |  Bagaimana kamu membuat seseorang lebih merasa aman, nyaman dan bahagia ?
  17. What could you do to help a parent save a few minutes every day ? |  Apa yang akan kamu lakukan untuk membantu orang tuamu menghemat beberapa menit setiap harinya ?
  18. Who do you think has an indispensable product but dire service ?  |  Siapa yang menurutmu punya produk yang hebat tetapi servisnya buruk ?
  19. What do you think people tolerate – but don’t need to ?  |  Apa yang menurutmu terlalu banyak ditoleransi orang tetapi sebenarnya tidak perlu ?
  20. What experience would enable people to enjoy their lives more ?  |  Pengalaman seperti apa yang membuat seseorang lebih menikmai hidupnya ? 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *