SILABUS

Deskripsi dan Tujuan Mata Ajaran

Memberikan pengetahuan dan kemampuan Aplikasi Dasar Komputer kepada mahasiswa tentang pengoperasian Sistem Operasi Windows, pengertian dan istilah-istilah dalam perangkat lunak yang mampu mendukung Automatisasi Pekerjaan Kantor seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft powerpoint, Microsoft Publisher serta Orogram Browser.

Bahan Bacaan wjib :

  1. Tutorial Blog (www.blog.esaunggul.ac.id)
  2. www.microsoft.com
  3. Microsoft Office 2007, Shell Casman
  4. Introduction to Perating System, Michael cilper

Evaluasi Hasil Pembelajaran

  1. Diskusi dan Partisipasi          10%
  2. Praktikum dan Tugas            40%
  3. UTS                                               25%
  4. UAS                                               25%

Jadwal Pertemuan

Terdapat 14 kali pertemuan dengan durasi pertemuan masin-masing 150 menit

MATERI 1 MS EXCEL 2007

Pengenalan Dasar Microsoft Office Excel 2007

Sebelum memulai Microsoft Office Excel 2007  sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu istilah-istilah yang terdapat pada Microsoft Office Excel 2007  seperti worksheet, sheet, workbook.
Worksheet atau biasa disebut juga lembar kerja yaitu sebuah lembaran kertas kerja yang terdiri dari baris dan kolom atau istilah populernya juga disebut spreadsheet, dalam sebuah worksheet terdiri dari 16.384 kolom (A – XFD) dan 1.048.576 baris (1 – 1.048.576).
Sheet adalah lembar atau halaman-halaman dari worksheet.
Workbook adalah kumpulan dari beberapa worksheet.

Perpotongan antara baris dengan kolom disebut sebagai cell. Cell diberi nama menurut atas posisi kolom dan baris, sebagai contoh pada gambar.1  di bawah merupkan cell A1, berarti kolom A baris 1. Sedangkan kumpulan sel disebut sebagai range, cara menggunakannya cukup dengan menggunakan mouse, kegunaan range digunakan untuk memblok data yang akan dipilih selanjutnya menghapus, mengedit, memindahkan ataupun meng-copy data.

1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Excel 2007

Untuk menjalankan Program Aplikasi Microsoft Office Excel 2007 melalui menu program, dengan langkah sebagai berikut :

  • Klik tombol Start yang ada di taskbar
  • Pilih menu All Program
  • Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office lalu klik program aplikasi Microsoft Office Excel 2007, tunggu sampai program aplikasi yang anda pilih ditampilkan.

2. Tampilan Jendela Microsoft Office Excel 2007

Agar dapat menggunakan program – program aplikasi Microsoft Office Excel 2007 secara optimal, sebaiknya mengenal terlebih dahulu beberapa elemen dasar dari program Microsoft Office Excel 2007, seperti telihat pada gambar di bawah ini :

 Gambar.1

Keterangan :

  • A. Quick Acces Toolbar, merupakan toolbar yang menampilkan beberapa tombol-tombol pintas untuk memanggil beberapa perintah agar lebih cepat dalam penggunaannya.
  • B. Title Bar, berisi nama file yang sedangdibuka diikuti nama aplikasinya, dalam hal ini Microsoft Excel.
  • C. Office Button, tombol uyang berisi sebuah menu pull down, disini terdapat beberapa perintah , diantaranya : New, Open, Save, Save As, Print, dll.
  • D. Ribbon, semacam toolbar berisi tombol-tombol pintas untuk mengerjakan berbagai pekerjaan.
  • E. Cell Name Box, kotak yang digunakan untuk menuliskan atau menampilkan nama sel.
  • F. Formula Bar, papan yang digunakan untuk menuliskan atau menempilkan formula yang terdapat dalam cell.
  • G. Cell, pertemuan atara baris dengan kolom.
  • H. Scroll, berguna untuk menggulung lembar kerja baik keatas maupun kebawah.
  • I. Navigasi, digunakan untuk melakukan navigasi antar sheet.
  • J. Tab, yang berisi dari beberapa sheet, untuk kemudahan dalam memilih sheet.
  • K. View Mode, digunakan untuk mengatur mode tampilan.
  • L. Zoom Slider, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatau tampilan.

MATERI 5 MS WORD 2007

Mencetak Dokumen

Setelah menyelesaikan pekerjaan tentunya ingin mencetak hasil pekerjaan yang telah dibuat pada media berupa kertas.

Dalam dunia komputer dikenal istilah hardcopy dan softcopy, yang masing-masingnya berfungsi untuk mencetak dokumen. Softcopy adalah mencetak dokumen ke layar monitor (melihat terlebih dahulu sebelum yakin akan dicetak), sedangkan hardcopy adalah mencetak dokumen melalui printer.

1. Mencetak di layar (Print Preview)

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan print prepiew, yaitu :

  • Klik tombol Microsoft Office , lalu sorot Print (jangan dulu di klik). Maka muncul beberapa pilihan di sebelah kanannya.
  • Klik Print Preview. Maka tampilan preview ditampilkan.
  • Kita bisa langsung mencetak ke kertas dengan menekan perintah print pada grup print, mengatur kembali ukuran margin dan kertas pada grup page setup, atau tampilan pada grup Zoom, dan mengatur pilihan lain pada grup Preview.
  • Klik Close Print Preview untuk menutup Preview.

 2.Mencetak Pada Kertas

Untuk mencetak dokumen, lakukan langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  • Klik tombol Microsoft Office , lalu sorot Print (jangan dulu di klik). Maka muncul beberapa pilihan di sebelah kanannya lalu klik Print. Atau tekan CTRL + P dari keyboard. Atau bisa dari tampilan menu preview seperti yang telah disebutkan di atas. Maka Kotak dialog Print muncul.
  • Pada tab Name, kita dapat memilih jenis printer yang aktif di komputer dengan mengklik tanda panah yang terdapat disebelah kanan option ini.
  • Kita juga bisa mencetak dokumen ini ke file dengan cara menandai option print to file.
  • Pada tab page range ada tiga alternatif pencetakan yang disediakan oleh Microsoft Word.
  • ALL, berfungsi untuk mencetak seluruh isi dokumen.
  • Current page, berfungsi untuk mencetak halaman dokumen yang sedang aktif saja (halaman yang aktif ditentukan oleh posisi insertion point pada saat pencetakan).
  • Pages, berfungsi untuk mencetak halaman tertentu dari suatu dokumen dengan mengetikan nomor halaman dokumen yang akan dicetak dan dipisahkan dengan tanda koma. Contoh kita akan mencetak halaman 1,2,5. dan 10, maka pada kolom page range isikan 1,2,5,10. Jika ingin mencetak dokumen pada range tertentu, misalnya ingin mencetak halaman 2 sampai halaman 10 maka cukup ketik 2-10, atau 1,2,5-10 jika ingin mencetak halaman 1,2 dan halaman 5 sampai 10.
  • Tab copies digunakan untuk menentukan jumlah salinan (copian) dari dokumen yang akan dicetak. Jika kita mencetak 5 rangkap maka isilah dengan angka 5.
  • Option properties dapat digunakan untuk menset jenis kertas, kualitas pencetakan, dan lain-lain.
  • Pada option print what isikan document jika ingin mencetak dokumen.
  •  Option prints dapat kita pilih alternatif pencetakan, apakah hanya mencetak halaman ganjil saja (odd) atau genap saja (event) saja, atau keduanya (all pages ranges).
  • Klik OK untuk melakukan proses pencetakan.