ASPEK KEUANGAN

Bahan presentasi :

Kewirausahaan Pertemuan 9

Bahan pengayaan :

5 – Keuangan Bisnis – kwu

5 – Latihan_Manajemen_Keuangan – kwu

ASPEK KEUANGAN

TINJAUAN UMUM

Setelah mempelajari BAB ini diharapkan pembaca  dapat  mengetahui dan dapat membaca apa yang ada dalam laporan keuangan berupa, Laba-rugi, neraca dan perubahan modal serta bagaimana mengelola dana yang efektif dan effesian. Pada bagian ini juga ditunjukan bagaimanan memilih dan menentukan sumber-sumber dana mana yang sebaiknya diambil.

TINJAUAN KHUSUS

1. Mengklasifikasikan sumber dan penggunaan dana dalam bentuk diagram.

2. Menghitung dan mengetahui nilai waktu dari uang ( Time Value Of Money)

3. Menghitung dan membuat investasi aktiva lancar  Kas, Piutang,  persediaan.

4.Menghitung kelayakan usaha dilihat dalam kreteria investasi

PENDAHULUAN

Mengelola keuangan suatu usaha (bisnis) dengan baik, bukan hanya dilakukan oleh usaha yang besar saja. Tetapi usaha kecil dan menengah harus melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Karena kinerja keseluruhan suatu usaha bisnis sangat dipengaruhi oleh kinerja keuangan usaha yang bersangkutan. Pengertian umum dari pernyataan diatas adalah bahwa semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan, semakin besar kemungkinan perusahaan tersebut meraih sukses.

SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA

Dalam pengelolan keuangan ada 3 aspek yang harus diperhatikan yaitu,

1).  Bagaimana sumber Dana itu diperoleh

2).  Merencanakan dan mengendalikan dana yang diperoleh

3).  Serta bagaimana menggunakan dana yang efektif dan efesien

1. Alokasi/Pengggunaan Dana

Penggunaan sumber dana harus sesuai dengan rencana serta sasaran pokok usaha sehingga dapat  memaksimalkan keuntungan bagi pemilik modal dan kontinuitas pengembalian pinjaman.

Rencana dana harus ditetapkan terlebih dahulu dan ini merupakan bagian dari rencana usaha atau kelayakan usaha, dimana pengalokasian  dana harus mengikuti prinsip pengelolaan keuangan yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut. Rencana penggunaan dana jangka pendek berupa; kas, surat berharga, piutang, dan persediaan termasuk dalam investasi aktiva lancar dan rencana penggunaan dana jangka panjang berupa; Tanah, gedung, pabrik dan peralatan termasuk dalam investasi aktiva tetap

2. Sumber Dana

Hal yang ke 2 dari aspek keuangan adalah masalah memperoleh dana, bermacam-macam sumber tersedia. Setiap sumber mempunyai ciri tersendiri, seperti biayanya (bunga atau tingkat deviden), jatuh tempo serta besarannya dan hal-hal lain yang diisyaratkan oleh pemberi modal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *