Bahan presentasi :
Bahan pengayaan :
Tugas
Pada tahun 2013, bisnis pakaian jadi yang anda kelola berniat akan mengembangkan distribusi ke beberapa wilayah lain di Indonesia. Pilihan jatuh pada kota :
1. Jakarta, dengan karakteristik kota sebagai berikut :
Ø Penduduk, mempunyai tingkat pendapatan sebagian besar menengah dan kalangan tersebut suka berpenampilan modis sesuai dengan tren yang cepat berubah dan 20% dari kalangan tersebut, masalah harga tidak dipermasalahkan.
Ø Masalah mode peka terhadap perkembangan jaman.
Ø Tempat tujuan bisnis, wisata , dan pendidikan
2. Aceh, dengan karakteristik kota sebagai berikut :
Ø Penduduknya sangat Religius.
Ø Tingkat pendapatan penduduknya meliputi menengah ke bawah.
Ø Penduduknya sangat suka Acara keagamaan dan memgang teguh syariat agama Islam.
3. Ambon, dengan karakteristik sebagai berikut :
Ø Tingkat pendapatan sebagian besar menengah kebawah.
Ø Masyarakat menyenangi seni suara, sehingga banyak bermunculan kafe-kafe dan karoke
Ø Penduduknya suka berpenampilan modis.
Instruksi :
A. Pilih salah satu dari 3 wilayah pemasaran yang ada.
B. Buat analisa, strategi pasar yang dilakukan dalam memasarkan produk pakaian ke wilayah yang dituju tersebut dengan mempertimbangkan segmentasi pasar berupa :
a. Wilayah dan jumlah penduduk yang menjadi target.
b. Usia dan jenis kelamin yang menjadi target.
c. Tingkat pendapatan.
C. Buat Strategi usaha, yang mencakup aspek Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, produksi, dan keuangan. Secara singkat sebagai bahan informasi bagi Investor