LAPORAN PELATIHAN CTC

LAPORAN PELATIHAN

MANAJEMEN USAHA MITRA BINAAN

PT. JASA MARGA (PERSERO) CABANG CAWANG-TOMANG-CENGKARENG

TAHUN 2008

IKHTISAR EKSEKUTIF

A. Pelaksanaan Pelatihan

Pembinaan Manajemen Usaha yang ditujukan bagi mitra binaan dari PT. Jasa Marga (Persero) Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng ini diselenggarakan oleh Pusat Studi Koperasi dan UKM LPPM Universitas Indonusa Esa Unggul (Jakarta) meliputi 2 (dua) kegiatan yaitu Pelatihan & Supervisi.

Kegiatan pelatihan dibuka pada tanggal 26 Mei 2008 di Hotel Lembah Pinus, Ciloto, Puncak oleh Drs. Washoki selaku Kepala Unit PU PKBL PT. Jasa Marga (Persero) dan dihadiri pula oleh Hj. Diah Titin Winarni, SH selaku Kepala Bagian SDM & Umum PT. Jasa Marga (Persero) Dan pelatihan ditutup pada tanggal 28 Mei 2008 pukul 13.00 oleh  Drs. Sungadi selaku Kabag Pembinaan PU PKBL   PT. Jasa Marga (Persero) dan dihadiri oleh H. Abdul Hamid dari PT. Jasa Marga (Persero) Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng dan  Drs. Mudjiarto, M.Si sebagai ketua Pusat Studi Koperasi & UKM   Universitas Indonusa Esa Unggul – Jakarta.

1.   Kegiatan program berdasarkan kesepakatan meliputi :

Pendidikan dan Pelatihan

  • Mengadakan pelatihan In Class (teori dan praktek) Manajemen dan Kewirausahaan bagi mitra binaan.
  • Menyusun rencana pengembangan usaha dan pola pikir dengan simulasi studi kasus atau praktek pada setiap materi.

Pembinaan Supervisi

  • Monitoring dan Supervisi ke Iokasi mitra binaan
  • Layanan konsultasi dan informasi bisnis
  • Memberikan akses pengembangan bisnis, seperti akses pemasaran, pembukuan usaha, permodalan dll.
  1. Materi Pelatihan

Materi pelatihan diberikan selama 3 hari 2 malam dengan 22,5 (sesi), dengan rincian sebagai berikut :

(1)   Ice Breaking                                                                                 :  1    sesi

(2)   Etika/Negosiasi Bisnis                                                                  : 2,5 sesi

(3)   Outbound & Mjn Qolbu                                                              :  3    sesi

(4)   Pembukuan Sederhana                                                                       :  4    sesi

(5)   Manajemen Usaha                                                                     :  2,5 sesi

(6)   Manajemen Pemasaran                                                            :  2,5 sesi

(7)   Temu Bisnis                                                                                 :  3    sesi

(8) Diskusi & Presentasi                                                                    :  4    sesi

                Total   :  22,5  sesi / @ 60 menit

  1. 3.      Peserta Pelatihan

Mitra binaan  yang mengikuti pelatihan berjumlah 26 peserta dari 30 peserta yang terdaftar, terdiri dari usaha sebagai berikut,

a. Kelompok bidang Jasa sebanyak 9  orang meliputi :

  • Kontraktor
  • Bengkel Motor
  • Simpan Pinjam (SP), Toko
  • Servis AC
  • Catering / Restoran
  • Fotocopy

b. Kelompok bidang Dagang sebanyak 12 orang meliputi :

  • Dagang Sembako
  • Warung Kelontong
  • Apotek / toko obat
  • Rumah busana / butik
  • Counter HP/Showroom

c. Kelompok bidang Produksi sebanyak 6 orang meliputi

  • Budidaya ikan
  • Pembuatan Souvenir

B. Evaluasi Pelatihan

Evaluasi pelatihan dilaksanakan berdasarkan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan, serta telah diuji keandalannya. Ukuran-ukuran tersebut telah didiskusikan dan beberapa perbaikan telah dilaksanakan.

Evaluasi pelatihan telah dibuat sebagai  berikut :

  1. 1.  Evaluasi Peserta terhadap Penyelenggaraan pelatihan

Tujuan dalam melakukan Evaluasi ini adalah, untuk melihat bagaimana tanggapan peserta terhadap pelaksanaan pelatihan dan menilai keberhasilan penyelenggaraan pelatihan.

3 unsur yang dinilai oleh peserta pelatihan sebagai berikut :

1)   Evaluasi Materi Pelatihan

a.   Materi pelatihan sesuai dengan tujuan dan sasaran pelatihan.

Peserta yang menyatakan Sangat Sesuai 50 %, Sesuai 50 % dan Tidak Sesuai   0 %.

 b. Materi pelatihan yang diberikan perlu diperdalam dan diberikan  pelatihan lanjutan.

Yang menyatakan Sangat Perlu 15 %, Perlu 81 %,  dan Tidak Perlu    4 %

Memahami arti pentingnya pelatihan manajemen usaha.

Peserta yang menyatakan. Sangat  Memahami  15 %, Memahami  81%, dan Tidak Memahami 1 %.

2)   Evaluasi Tenaga Pengajar

  1. Materi Etika/Negosiasi  Bisnis disampaikan oleh : Aliaras Wahid, MM.

Yang menyatakan Sangat Memahami 15 %, Memahami 85 %, dan Tidak Memahami 0 %.

  1. Materi Pembukuan Sederhana disampaikan oleh : Drs. Yanuar Ramadhan.

Yang menyatakan Sangat Memahami 27 %, Memahami 69 %, dan Tidak Memahami 1 %.

  1. c.    Materi Manajemen Usaha disampaikan oleh : Drs. Mudjiarto, M.Si

Yang menyatakan Sangat Memahami 15 %, Memahami 81 %, dan Tidak Memahami 1 %

  1. d.    Materi Manajemen Pemasaran disampaikan oleh :  Dr. Shanan Phalipi, MM

Yang menyatakan Sangat Memahami 15 %, Memahami 81 %, dan Tidak Memahami  1 %.

3). Evaluasi Akomodasi dan Panitia Pelaksana

  1. Akomodasi yang disediakan Panitia

yang menyatakan Sangat Memadai 27 %, Memadai 69 %, dan Kurang memadai 1 %.

  1. Persiapan dan pelayanan panitia memuaskan bagi Bapak/Ibu

yang menyatakan Sangat Puas 35 %, Puas 65 %, dan Kurang Puas      0 %

  1. Pelayanan Hotel memuaskan Bapak/Ibu

yang menyatakan Sangat Puas  35 %, Puas 69 %, dan Kurang Puas     4 %

  1. 2.  Evaluasi Panitia Penyelenggara Terhadap Peserta Pelatihan

Evaluasi ini dilakukan untuk melihat dan menilai kemampuan peserta dalam menyerap materi yang diberikan, serta keaktifan peserta dalam mengikuti setiap materi yang diberikan.

4 ( Empat ) indikator penilaian dalam evaluasi yang masing-masing diberikan bobot dengan total 100% sebagai berikut :

1)     Peningkatan kemampuan (kemajuan peserta)  30 %

2)     Partisipasi individu 30%

3)     Kehadiran 20%

4)     Tugas-tugas 20%

Empat indikator penilaian mempunyai rentang nilai sebagai berikut :

        KategoriRentang NilaiBobot
Nilai A  (Baik)80  –  1004
Nilai B  (Sedang)      60  –  793
Nilai C  (Cukup)      40  –  592
Nilai K  (Kurang)       0   –  391

Dari 4  (empat) indikator penilaian diperoleh kesimpulan :

  • Peningkatan Pemahaman dan Wawasan peserta setelah mengikuti materi pelatihan, terdapat peningkatan cukup berarti. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre dan post test masing-masing materi yang diberikan.
  • Partisipasi individu dilihat dari keaktifan peserta di kelas maupun aktif dikelompok masing-masing. Dari hasil pengamatan dan penilaian, partisipasi  seluruh peserta sangat tinggi, hal ini nampak pada hasil Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta.
  • Data kehadiran 26 peserta, menunjukan bahwa tingkat kehadiran cukup tinggi, dilihat dari daftar absensi untuk materi pertama hingga terakhir tingkat kehadiran rata-rata mencapai 90 % (Lampiran 5). Hal ini menunjukkan keseriusan peserta dalam mengikuti pelatihan.
  • Tugas-tugas yang diberikan berupa studi kasus maupun tugas kelompok. Hasil penilaian menunjukkan bahwa seluruh peserta dapat menyelesaikan tugas-tugas  dengan baik.

C.   Rekomendasi

Dari pelaksanaan pelatihan serta saran-saran peserta, maka beberapa rekomendasi yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan program pembinaan oleh PT. Jasa Marga ( Persero ) Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng sebagai berikut :
  1. Untuk mencapai sasaran yang maksimal dalam program pembinaan,   sebaiknya pelatihan dilaksanakan setelah mitra binaan mendapat bantuan pinjaman, karena pada saat itu mitra membutuhkan saran dan informasi mengenai tata laksana sumber dan penggunaan dana dalam pengembangan usaha.
  1. Berdasarkan hasil angket yang kami terima dan beberapa masukan dari peserta, yang merupakan rekomendasi untuk pelaksanaan program pembinaan berikutnya antara lain:
    1. Diperlukan pelatihan lanjutan untuk program pembinaan berikutnya,  berupa kunjungan lapangan dan pendampingan yang kontinyu.
    2. Jadwal pelatihan  disarankan  jangan terlalu padat, diperlukan penambahan waktu. Pelatihan khusus yang dilaksanakan juga disesuaikan dengan bidang usaha yang digeluti oleh mitra.
    3.  Diperlukan pelatihan dengan materi keterampilan khusus dalam usaha, berupa keterampilan tekhnis antara lain, disain produk, pemasaran melalui internet,  tata cara ekspor (manajemen ekspor), dan lain-lain.
  2. Dalam pelatihan sebaiknya setiap mitra yang hadir membawa contoh usahanya. Agar dapat langsung mengadakan pameran sebagai sarana temu bisnis dengan mitra lainnya.
  1. Pelatihan hendaknya dilaksanakan dengan peserta yang mempunyai usaha sama atau sejenis, sehingga penyelenggara dapat menyajikan materi sesuaii dengan bidang usaha.
  1. Bila dimungkinkan dijadwalkan 1 hari untuk berkunjung (studi banding) ke tempat Peserta (Usahawan) dalam mengetahui usaha-usaha yang dijalankan, atau ke tempat usaha-usaha yang menjadi percontohan.
  1. Peserta pelatihan yang sudah pernah mengikuti pelatihan  sejenis, hendaknya jangan dipilih menjadi peserta pada pelatihan yang sama.
  1. Disarankan peserta pelatihan adalah yang mempunyai usaha dan tidak diwakilkan. Hal ini mengingat  bahwa program simulasi yang dirancang dalam pelatihan, memerlukan pengambilan  keputusan usaha dengan cepat dan tepat.

BAB II

PELAKSANAAN PELATIHAN

A.   Waktu Dan Tempat

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 26 s/d 28 Mei  2008 di Hotel Lembah Pinus Ciloto, Puncak Bogor. Tempat tersebut sangat cocok untuk proses belajar – mengajar, yang dilengkapi dengan OHP/Over head, Infocus, dan Komputer, tempat diskusi, dan dilengkapi ruang Istirahat yang memadai serta lahan bernuansa alami cocok untuk kegiatan Pelatihan dan Out Bound.

Pelatihan dibuka pada tanggal 26 Mei pukul ……. oleh Drs. Washoki selaku Kepala Unit PU PKBL PT Jasa Marga (Persero) dan dihadiri pula oleh Hj. Diah Titin Winarni, SH selaku Kepala Bagian SDM dan Umum PT. Jasa Marga (Persero)

. Setelah itu dilanjutkan dengan acara penjelasan Program Pelatihan Manajemen Usaha.

Gambar 2.  Acara Pembukaan Pelatihan

Kegiatan pembinaan yang berlangsung mulai tanggal 26 s/d 28 Mei 2008, meliputi 22,5 sesi; terdiri dari : 1 sesi Kegiatan Ice Breaking, 2,5 sesi Materi Etika/ Negosiasi Bisnis, 2 sesi Materi Negosiasi Bisnis,  3 sesi Kegiatan Outbound & Manajemen Qolbu, 4 sesi Materi Pembukuan Sederhana, 2,5 sesi materi Manajemen Usaha, 2,5 sesi Materi Manajemen Pemasaran, 3 sesi Temu Bisnis, dan 4 sesi Diskusi & Presentasi.

B. Peserta

Peserta yang mengikuti pelatihan terdaftar berjumlah 30 orang dan yang hadir berjumlah  26 peserta, dengan daftar peserta disajikan pada Lampiran 1. Dalam pelaksanaannya Peserta dibagi dalam 3 kelompok yaitu Kelompok 1 ( Go ), Kelompok 2 ( Yes ) dan Kelompok 3 ( Laris Manis ) dan masing-masing kelompok terdiri dari 9 orang.

Gambar 3. Penyematan tanda peserta dan Study Kit dilakukan oleh

Bp. Drs Wasokhi dan Ibu Diah Titi Winarni,SH

Gambar 4. Foto kebersamaan setelah pembukaan

C. Pengajar / Instruktur

Instruktur / pengajar yang menyajikan materi adalah staf pengajar perguruan tinggi yang mempunyai pengalaman mengajar dan aplikasi materi dilapangan.

Adapun pengajar / instruktur terdapat pada tabel dibawah ini :

Tabel 1

Daftar Nama Pengajar / Instruktur

NONAMAMateri yang disajikanPengalamanPekerjaan/ pengajaranWirausahaKonsultan
1Drs. Aliaras Wahid, MMEtika/Negosiasi Bisnis10 Tahun6 Tahun
2Drs. Yanuar Ramadhan, Ak, MMPembukuan Sederhana10 Tahun6 Tahun
3Drs. Mudjiarto, MsiManajemen Usaha20 Tahun15 Tahun
4Dr. Shanan Phalipi, SH, MMEtika Bisnis15 Tahun5 Tahun

Hari Ke  1 ( 26 Mei 2008 )

Materi Pelatihan I (Ice Breaking) disajikan oleh

Drs. Imam Yuwono, MM dan Drs Suratman (14.00 -14.30 WIB)

Materi Pelatihan 2 ( Etika / Negosiasi Bisnis  )

Oleh Drs. Aliaras Wahid. MM (15.00 – 18.00 WIB)

Materi Pelatihan 3  (Pembukuan Sederhana)

Disajikan  Oleh Drs. Yanuar Ramadhan, Ak, MM (08.00 – 12.00 WIB )

Materi Pelatihan 4 (Manajemen Usaha)

Dipandu oleh Drs . Mudjiarto, Msi. (13.00-15.30)

Materi Pelatihan 5 (Manajemen Pemasaran)

Dipandu oleh Drs. Syahnan Phalipyi.SH. MM (16.00-18.30)

Aplikasi. Temu Bisnis

(20.00 s/d 23.00 WIB)

Pada temu bisnis ini peserta melakukan transaksi bisnis dan menyajikan narasumber dari mitra binaan yang telah sukses.

Hari ke 3 (14 Pebruari 2008)

Materi Pelatihan 8 (Diskusi Kerjasama Bisnis)

Dipandu Oleh Drs. Mudjiarto, MSi (08.00 – 12.00 WIB)

Penutupan

Penutupan dilakukan pada hari rabu tanggal 14 Februari 2008 pukul 14.00 WIB oleh Bp. Drs. Puryadi selaku Kepala Sub Bagian PU & PKBL PT. Jasa Marga (Persero), Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng

Photo bersama setelah acara penutupan, Photo penyerahan sertifikat dan transkrip nilai pada peserta terbaik 1,2, dan 3 pada acara penutupan pelatihan

D. Hasil Evaluasi Pelatihan

Berdasarkan daftar kehadiran peserta pelatihan Program Pembinaan Manajemen Usaha mitra binaan PT. Jasa Marga (Persero) Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng tahun 2008 berjumlah 27 peserta.

Melihat dari jumlah peserta yang hadir, dapat dinilai bahwa sasaran pelatihan telah memenuhi target yang diinginkan. Data evaluasi peserta terhadap pelaksana terkumpul 27 responden, yang ditabulasi sebagai berikut :

  1. 1.   Evaluasi Peserta Terhadap Pelaksana Pelatihan
  1.          a.   Tanggapan Peserta Terhadap Materi Pelatihan yang diberikan

Dari hasil angket menunjukkan bahwa materi pelatihan yang disampaikan telah sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diinginkan. Serta peserta dapat memahami arti pentingnya Pelatihan Program Pembinaan Manajemen Usaha, hal tersebut disajikan pada    Tabel 2 berikut ini :

Tabel 2

Evaluasi Materi Pelatihan

NoDaftar PertanyaanIndikator Pemantauan
1Materi pelatihan sesuai dengan tujuan dan sasaran pelatihanSangat Sesuai         50 %Sesuai50%Tidak Sesuai0 %
2Materi pelatihan yang diberikan perlu diperdalam dan diberikan latihan lanjutanSangat Perlu        50%Perlu50 %Tidak Perlu0 %
3Memahami arti pentingnya pelatihan manajemen.Sangat Memahami15 %Memahami81 %Tidak Memahami4 %

Diolah : Dari hasil daftar pertanyaan

b. Tanggapan Peserta Terhadap Instruktur dari Materi yang disampaikan

Berdasarkan tanggapan peserta terhadap instruktur / tenaga pengajar, maka diperoleh hasil bahwa dalam menyampaikan materi seluruh instruktur / tenaga pengajar memahami apa yang disampaikan dan dapat dipahami oleh sebagian besar peserta pelatihan. Hal ini dapat disajikan pada Tabel 3  berikut ini :

Tabel 3

Tanggapan Peserta Terhadap Instruktur

NoMateriIndikator Pemantauan
Sangat MemahamiMema-hamiTidak Memahami
1.Etika/Negosiasi Bisnis15%85%0%
2.Pembukuan Sederhana27%69%4%
4.Manajemen Usaha      15%81%4%
5. Manajemen Pemasaran      15%81%4%

Diolah : Dari hasil daftar pertanyaan

  1.          c.   Tanggapan Peserta Terhadap Persiapan dan Kesiapan  Penyeleng-garaan Pelatihan.

Dari hasil tanggapan peserta terhadap persiapan dan kesiapan penyelenggaraan pelatihan, baik akomodasi yang disediakan serta pelayanan panitia terhadap peserta dan pelayanan hotel, rata-rata merasa puas dan memadai. Hal ini dapat ditunjukkan pada Tabel 4 berikut ini :

Tabel 4

Tanggapan Peserta Terhadap Persiapan dan Kesiapan Panitia

NoDaftar PertanyaanIndikator Pemantauan
1Apakah akomodasi yang disediakan Panitia sudah memadaiSangat Memadai27%Memadai69%Kurang Memadai4%
2Persiapan dan pelayanan panitia memuaskan Bapak/ IbuSangat Puas35%Puas65%Kurang Puas0%
3Pelayanan dari Hotel memuaskan Bapak/IbuSangat Puas27%Puas69%Kurang Puas1%

     Diolah : Dari hasil daftar pertanyaan

2. Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Terhadap Peserta

Dari hasil penilaian pelatihan diperoleh beberapa data peserta program yaitu, hasil pre dan post test, tingkat kehadiran, partisipasi dan penyelesaian tugas, hasil penilaian tersebut tercermin pada Indeks Prestasi Kumulatif (Lampiran 6) . Berikut ini beberapa rekomendasi yang diberikan Lembaga terhadap individu peserta dari hasil penilaian pelatihan, sebagai pedoman tindak lanjut supervisi.

1.  Nama                        :  Yunizal Elmy

Jenis Usaha             :   Produk Manisan

IPK                             :   3,72

Rekomendasi

Dilihat dari hasil penilaian IPK yang didapat dikategorikan memuaskan di semua bidang materi yang diberikan.

2.  Nama                        :  Nayasah

Jenis Usaha             :  Dagang Sayur

IPK                             :  3,00

Rekomendasi

Indeks Prestasi Pelatihan hasilnya memuaskan., materi yang diberikan dapat diterima dan diserap dengan baik. Salah satu materi yang masih perlu lebih diperhatikan secara langsung untuk  menunjang kegiatan usahanya adalah Pembukuan Sederhana dan Manajemen Pemasaran.

3.  Nama                        :  Eddy Badar (Ratu Yuliawati Suryana)

Jenis Usaha             :  Produk Kue

IPK                             :  3,72

Rekomendasi

Indeks Prestasi Pelatihan hasilnya memuaskan di semua bidang materi yang diberikan didalam pelatihan.

4.  Nama                        :  Tri Khoirul Bariyah

Jenis Usaha             :  Dagang Pakaian

IPK                             :

Rekomendasi

Peserta ini tidak hadir dalam pelatihan

5.  Nama                        :  RA. Indah Kartuti, SH

Jenis Usaha             :  Dagang Pakaian

IPK                             :  3,28

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif dengan predikat memuaskan dalam pelatihan ini. Agar materi dapat mendukung di bisnisnya maka materi yang perlu diperhatikan, yaitu pembukuan sederhana.

6.  Nama                        :  Suharni

Jenis Usaha             :  Dagang Kelontong

     IPK                             :  3

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif dengan predikat memuaskan dalam pelatihan ini. Namun untuk mendukung usahanya maka  perlu ditingkatkan, yaitu dalam hal pembukuan sederhana

7.  Nama                        : Ernawati

Jenis Usaha             : Dagang Kelontong

IPK                             :  2,72

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif dengan predikat cukup memuaskan dalam pelatihan ini. Namun untuk mendukung usahanya maka  ada beberapa pengetahuan yang perlu ditingkatkan, yaitu dalam hal pembukuan sederhana, manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

8.  Nama                        :  Hilman Hanafiah

Jenis Usaha             :  Sablon

IPK                             :  3,72

Rekomendasi

Hasil prestasi pelatihan memuaskan hampir di seluruh materi yang diberikan dalam pelatihan.

9.  Nama                        :  Hj. Haryanti

Jenis Usaha             :  Dagang Pakaian

IPK                             :  3,44

Rekomendasi

Indeks Prestasi yang diperoleh memuaskan. Agar lebih mendukung dibisnisnya maka diharapkan peserta ini lebih memperdalam materi etika/negosiasi bisnis dan manajemen pemasaran.

10.  Nama                      : Nursalamah

Jenis Usaha           : Dagang Kelontong

IPK                           : 3,28

Rekomendasi

Indeks Prestasi yang diperoleh memuaskan di seluruh materi yang diberikan selama pelatihan.

11.Nama                        : Fatmawati

Jenis Usaha             :  Rental Floris

IPK                             :  3,28

Rekomendasi

Indeks Prestasi yang diperoleh memuaskan di seluruh materi yang diberikan selama pelatihan.

12.Nama                        : Wiyono

Jenis Usaha             : Jasa Giling Bakso

IPK                             :  3,44

Rekomendasi

Indeks Prestasi yang diperoleh memuaskan di seluruh materi yang diberikan selama pelatihan.

13.Nama                        : Ifanto Dipo

Jenis Usaha             : Dagang Kaset

IPK                             :  3,44

Rekomendasi

Indeks Prestasi yang diperoleh memuaskan di seluruh materi yang diberikan selama pelatihan.

14. Nama                       : Amirudin

  Jenis Usaha           : Kerajinan Perak

  IPK                           :

Rekomendasi

Peserta ini tidak hadir dalam pelatihan

15. Nama                       :  Rosnalis HS (Ratna Yulis)

  Jenis Usaha           :  Bordir

  IPK                           :  3,00

Rekomendasi

Indek Prestasi yang diperoleh dikategorikan memuaskan. Materi yang masih perlu ditingkatkan agar mendukung usahanya adalah etika/negosiasi bisnis, manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

16. Nama                       :  Deli Azmar

  Jenis Usaha           :  Penjahit

  IPK                           :  2,72

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh dalam pelatihan ini cukup memuaskan. Materi yang perlu ditingkatkan agar mendukung usahanya adalah etika/negosiasi bisnis, manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

17. Nama                      : Saidah

Jenis Usaha           : Konveksi

IPK                           :

Rekomendasi

Peserta ini tidak hadir dalam pelatihan

18. Nama                       : Tatang Hidayat

Jenis Usaha           : Dagang Beras

IPK                           : –

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh memuaskan. Materi dapat diserap dengan baik dan agar dapat diaplikasikan dibisnisnya maka disarankan perlu adanya penambahan materi untuk etika/negosiasi bisnis.

19. Nama                       :  H. Mustary Saih

Jenis Usaha           :  Tanaman Hias

IPK                           :  2,44

Rekomendasi 

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh cukup memuaskan. Materi yang perlu diperdalam lagi dalam bisnisnya yaitu materi etika/negosiasi bisnis, manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

20.  Nama                      : Laida Adhariyani

Jenis Usaha          : Dagang Kelontong

IPK                          : 3,28

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh memuaskan hamper di seluruh bidang materi yang diberikan dalam petahan, namun materi dyang perlu diperdalam yaitu etika/negosiasi bisnis.

21. Nama                       :  Zaenab

Jenis Usaha           :  Penjahit

IPK                           :  3.00

Rekomendasi

Indek Prestasi yang diperoleh dikategorikan memuaskan. Materi yang masih perlu ditingkatkan agar mendukung usahanya adalah manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

22.  Nama                      :  A. Gofir

Jenis Usaha           :  Dagang Mainan Anak

IPK                           :  3.00

Rekomendasi

Indek Prestasi yang diperoleh dikategorikan memuaskan. Materi yang masih perlu ditingkatkan agar mendukung usahanya adalah etika/negosiasi bisnis, manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

23. Nama                       : M. Isbah isbah

Jenis Usaha           : Jasa Tenda

IPK                           :  3.00

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh dalam pelatihan ini memuaskan. Kekurangan yang dihadapi mitra saat mengikuti pelatihan adalah materi etika/negosiasi bisnis, manajemen usaha dan manajemen pemasaran.

24. Nama                     :  Nurbaeti  

Jenis Usaha           : Dagang Kue

IPK                           : 3,28

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif peserta mendapatkan predikat memuaskan namun ada yang harus diperhatikan dalam yaitu materi manajemen usaha.

25. Nama                       :  Sulistiyo Prambudi (Sutrisno)

Jenis Usaha           :  Konveksi

IPK                           :  3,28

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif peserta mendapatkan predikat memuaskan, namun agar mendukung usahanya maka perlu adanya peningkatan di materi  manajemen usaha.

26. Nama                     :  Bambang Yulianto

Jenis Usaha         :  Dagang Bahan Kue

IPK                       :

Rekomendasi

Peserta ini tidak hadir dalam pelatihan

27.  Nama                      : Nursalim

Jenis Usaha           : Dagang Assesoris

IPK                           : 3,44

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh dalam pelatihan ini tergolong kategori  memuaskan. Kekurangan yang dihadapi mitra saat mengikuti pelatihan adalah etika/negosiasi bisnis dan manajemen pemasaran. Karena materi itu sangat diperlukan pada usahanya maka perlu adanya peningkatan wawasan di materi tersebut.

28. Nama                       : MC. Triwahyuni

Jenis Usaha           : Dagang Pakaian

IPK                           : 3.00

Rekomendasi

IPK yang diperoleh dalam pelatihan ini memuaskan, materi yang perlu diperdalam yaitu etika/negosiasi bisnis dan manajemen pemasaran.

29. Nama                     : Mutriyah

Jenis Usaha           : Bengkel Motor

IPK                           : 3.00

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh dalam pelatihan ini tergolong memuaskan. Materi yang perli diperdalam yaitu etika/negosiasi bisnis dan manajemen pemasaran. Sehingga perlu adanya penambahan wawasan di materi tersebut.

30. Nama                  : Abdul Razak Samud

Jenis Usaha          : Warung Sembako

IPK                          : 3,44

Rekomendasi

Indeks Prestasi Kumulatif yang diperoleh dalam pelatihan ini tergolong kategori memuaskan . Kekurangan yang dihadapi mitra adalah materi etika/negosiasi bisnis dan manajemen pemasaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *