BAHAN PRESENTASI SEMESTER GANJIL

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER :

BAHAN PRESENTASI :

  1. 1. Pendahuluan
  2. 2. Observing
  3. 3. Behavioral Mapping
  4. 4. Designing and Concept
  5. 5. Concept Brief
  6. 6. Concept Generation
  7. 7. Sketchies
  8. 8. Modeling
  9. 9. Breadboarding Concept
  10. 10. Feasibility Analisys
  11. 11. Feasibility Analysis
  12. 12. Proportion Concept
  13. 13. 3D Manufacturing Support
  14. 14. Testing

BAHAN PENGAYAAN :

  1. Blog Dosen 1
  2. Blog Dosen 2
  3. Blog Dosen 3

DAFTAR PUSTAKA :

  1. Buku 1
  2. Buku 2
  3. Buku 3

PENILAIAN :

  1. Kehadiran : 10%
  2. Tugas : 20%
  3. UTS : 30%
  4. UAS : 40%

SILABUS

Silabus Desain Produk

SILABUS PERKULIAHAN

Fakultas                                             : Desain dan Industri Kreatif

Mata Kuliah                                      : Desain Produk

Satuan Kredit Semester (SKS)      : 4

Pengajar                                            : Indra G. Rochyat, S.Sn, MA

  1. Deskripsi dan Tujuan Mata Ajaran

Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan solusi desain suatu produk sederhana yang  dapat memenuhi  aspek  ergonomi, fungsional, operasional, maupun segi esetis serta visual.

  1. Metode Pengajaran
  1. Eksploitasi gerakan putaran motor (kecil) atau teknologi lainnya dan pemanfaatan fenomena alam, dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk merencanakan sebuah produk yang dapat merefleksikan dalam bentuk kebutuhan sendiri.
  1. Dengan dilatarbelakangi pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh pada semester sebelumnya, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan desain yang dapat meningkatkan kualitas dari segi fungsional/operasional maupun segi estetis/visual.
  1. Daftar Pustaka

Buku:

  1. MARJORIE EB, 1977, DESIGN THROUGH DISCOVERY, Holt, Reinhart & Winston, New York
  2. RUDOLF, F, GRAF, 1978, HOW IT WORKS, Souvenir Press, Ltd
  3. GREENWOOD, 1964, MECHANICAL DETAIL FOR PRODUCT DESIGN, McGraw Hill.

Internet:

  • designworksusa.com
  • autodesk.com/alias
  1. EvaluasiHasilPembelajaran (Penilaian)

Absensi                                                                20%

Tugas 1                                                                20%

Tugas 2                                                                  20%

Ujian Tengah Semester (UTS)                  20%

UjianAkhir Semester (UAS)                       20%

  1. Pembahasan
PertemuanTopikBahasanTugas/Referensi
1PendahuluanTeoriTatapMuka /Pengenalan MK
2Dasar Pencarian Masalah (Design Brief)TeoriTatapMuka/Diskusi Panel
3Pernyataan PermasalahanTeoriTatapMuka/Diskusi Panel
4Sketsa Produk TerstrukturTeoriTatapMuka/Praktikum
5Sketsa Produk TerstrukturTeoriTatapMuka/ Praktikum
6Penyempurnaan Sketsa DesainTeoriTatapMuka/ Praktikum
7Pemodelan ProdukTeoriTatapMuka/ Praktikum
UJIAN TENGAH SEMESTER
8Pemodelan ProdukTeoriTatapMuka/ Praktikum
9Pemodelan ProdukTeoriTatapMuka/ Praktikum
103D CAD ModelTeoriTatapMuka/ Praktikum
113D CAD ModelTeoriTatapMuka/ Praktikum
12Pengujian ProdukTeoriTatapMuka/ Praktikum
13Dokumentasi DesainTeoriTatapMuka/ Praktikum
14Dokumentasi DesainTeoriTatapMuka/ Praktikum
UJIAN AKHIR SEMESTER

Jakarta, 03 September 2012

Dibuat oleh,

Indra G. Rochyat

MATERI 1

Pertemuan 1 Desain Produk

PENDAHULUAN DESAIN PRODUK

TEORI dan PRAKTIKUM

HOWS PRODUCT DESIGN WORKS

  1. PENENTUAN AREA PRODUK

Adalah dimana mahasiswa harus menentukan secara garis besar tentang tema yang sedang berkembang di masyarakat untuk dijadikan acuan dasar didalam mengembangkan kebutuhan pasar

  1. PENENTUAN PEMINATAN

Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui potensi yang ada pada diri masing masing individu, sehingga dapat secara jelas penempatan akan peminatannya di dalam mengembangkan desain.

  1. PENENTUAN KELOMPOK ATAU INDIVIDU

Mahasiswa dihadapkan pada tugas-tugas kuliah yang berorientasi pada nilai kelompok dan individu, hal tersebut dikarenakan proses kreatif yang selalu dinamis

Daftar Pustaka

  1. Lawson, Bryan. 1990. How Designers Think. Butterworth Architecture.
  2. Pena, Parshall. 2006. Problem Seeking – Fourth Edition.

HOK. Pub.

  1. Roozenburg, N.F.M. & J. Eekels. 1995. Product Design: Fundamentals and Methods. John

Wiley & Sons.